Abstract :
Persaingan industri elektronik khususnya smartphone saat ini mengalami
perkembangan cukup pesat. Perusahaan menggunakan berbagai strategi untuk
merebut dan mempertahankan konsumen. Salah satu perusahaan tersebut adalah
produsen i-phone. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk mengkaji tentang
strategi pemasaran yang dilakukan oleh i-phone di di kota yogyakarta. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan ekuitas merek
terhadap keputusan pembelian i-phone di kota yogyakarta. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif kausalitas, penelitian ini untuk menguji pengaruh suatu variabel
terhadap variabel lainnya. Data diperoleh melalui metode menyebarkan kuesioner
secara online menggunakan google from kepada 42 konsumen i-phone di kota
yogyakarta, teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, sedangkan
tahapannya adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji
linieritas, sedangkan untuk hipotesis menggunakan uji F, uji T, dan koefisien
determinasi. Hasil dalam penelitian ini adalah variabel Word of Mouth dan ekuitas
merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan keputusan pembelian
produk i-phone.