Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin pengaruh Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance dan Empathy sebagai variabel independen terhadap
kepuasan nasabah di Bank Mandiri sebagai variabel dependen. Jenis penelitian
yang dilakukan adalah explanatory research (penelitian penjelasan). Populasi dan
sampel dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan transaksi di
bank Mandiri. jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda,
yaitu untuk menguji hipotesis terdiri dari variabel tangible (X1), reliability (X2),
responsiveness (X3), Assurance (X4), Empathy (X5), dan kepuasan pelanggan(Y)
secara bersama ataupun secara tersendiri terhadap kepuasan konsumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tangible (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggang, Reliability (X2) tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Responsiveness (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, Assurance (X4)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, Empathy (X5)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan variabel
Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.