Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan,
struktur aktiva dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal pada
perusahaan otomotif yang tersedia di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data menggunakan
data sekunder yaitu berupa laporan keuangan perusahaan otomotif yang terdatar di
Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan,
ini didapat menggunakan metode puposive sampling. Analisi data menggunakan
analisi regresi linier berganda yang didahului oleh uji asumsi klasik yang terdiri
dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas.
Selain uji asumsi klasik digunakan juga uji hipotesis yang terdiri dari uji koefisien
determinasi dan uji signifikan parsial. Mendapatkan hasil bahwa ukuran perusahaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal, struktur aktiva
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal, dan pertumbuhan
penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal.