Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand personality
terhadap minat beli melalui citra merek konsumen. Penelitian ini didasari oleh
tingginya tingkat persaingan merek dari ragam produk yang ada di pasaran.
Peneliti memiliki ketertarikan pada bagaimana proses sebuah brand personality
pada sebuah produk dapat memunculkan minat beli konsumen melalui citra merek
yang telah tertanam dalam benak mereka.
Populasi diambil pada masyarakat Malang yang dalam 2 bulan terakhir
mengunjungi pasar dan menjumpai produk Bimoli. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini diambil menggunakan metode pengumpulan data yang disebut
purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 110
responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software SPSS
25 untuk menguji keempat hipotesis yang ada baik secara langsung dan secara
tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) brand personality memiliki
pengaruh tidak langsung yang signifikan sebesar 32,8% terhadap minat beli
melalui citra merek, (2) brand personality memiliki pengaruh signifikan terhadap
minat beli sebesar 31,4%, (3) brand personality berpengaruh signifikan terhadap
citra merek sebesar 75,9%, (4) citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap
minat beli sebesar 43,3%.
Brand Personality, Minat Beli, Citra Merek, Bimoli