Abstract :
vi
ABSTRAK
Perbedaan kondisi ekonomi berdampak pada pemotongan tarif pajak di suatu
negara. Singapura dan Indonesia memiliki kondisi ekonomi yang berbeda tetapi
keduanya memiliki daya tarik masing-masing di bisnis. Penelitian ini merupakan
studi komparatif untuk mengetahui pengaruh perencanaan pajak terhadap nilai
perusahaan dengan transparansi perusahaan sebagai variabel moderasi di SGX
(Bursa Efek Singapura) dan IDX (Bursa Efek Indonesia). Penelitian ini
menggunakan 18 sampel, 9 perusahaan di SGX dan 9 perusahaan di BEI selama 5
tahun dari 2013 hingga 2017 yang dilakukan di industri perhotelan. Pengukuran
yang digunakan oleh masing-masing variabel adalah rasio ETR (Efektif Pajak)
untuk perencanaan pajak, rasio Tobin's Q untuk nilai perusahaan, dan rasio
transparansi untuk transparansi perusahaan. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan mengunjungi situs resmi SGX (www.sgx.com) dan BEI (www.idx.co.id).
Metode analisis menggunakan Moderating Analysis Regression (MRA) melalui
aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pajak tidak memiliki
pengaruh terhadap nilai perusahaan di SGX dan BEI tanpa adanya moderasi dari
transparansi perusahaan . Namun, hasil R square antara SGX dan BEI lebih besar
di BEI. Setelah transparansi perusahaan memoderasi perencanaan pajak dengan
nilai perusahaan di SGX dan BEI hasilnya, tidak dapat berkontribusi positif.
Namun, antara SGX dan BEI yang memiliki hasil lebih signifikan adalah SGX
sehingga SGX memiliki pengungkapan informasi yang lebih besar daripada BEI.
Keywords : Tax Planning, Company Value, Corporate Transparency
vii
ABSTRACT
Differences in economic conditions have an impact on cutting tax rates in a
country. Singapore and Indonesia have different economic conditions but both
have their respective interests in this business. This study is a comparative study
to determine the effect of tax planning on firm value with company transparency
as a moderating variable on SGX (Singapore Stock Exchange) and IDX
(Indonesia Stock Exchange). This study used 18 samples, 9 companies at SGX
and 9 companies at IDX for 5 years from 2013 to 2017 conducted in the
hospitality industry. The measurements used by each variable are the ETR ratio
(Effective Tax) for tax planning, Tobin's Q ratio for firm value, and transparency
ratio for company transparency. The method of data collection is done by visiting
the official website of SGX (www.sgx.com) and BEI (www.idx.co.id). The
analysis method uses Moderating Analysis Regression (MRA) through the SPSS
application.
The results of the study show that tax planning does not affect company value
on SGX and IDX without moderating the company's transparency. However, the
result of R square between SGX and IDX is greater in IDX. After company
transparency moderates tax planning with company value on SGX and IDX
results, it cannot contribute positively. However, between SGX and IDX, SGX
has a more significant result is SGX. The meaning of SGX has greater disclosure
of information than IDX but has a negative impact on the value of the company.
Keywords: Tax Planning, Company Value, Corporate Transparency