DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP KONSUMEN DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN BERBELANJA DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS PADA IBU-IBU DI KELURAHAN PANDANWANGI)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Pratama Sari, Eli
Subject
Keputusan Pembelian 
Datestamp
2021-05-03 02:46:17 
Abstract :
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi konsumen, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan berbelanja. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada di kelurahan pandanwangi. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang responden yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = -9,84 + 0,443 X1 + 0,339 X2 + 0,377 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen adalah variabel motivasi konsumen (0,443), diikuti oleh variabel sikap konsumen (0,377), dan yang terakhir adalah variabel persepsi (0,339). Hasil uji t membuktikan semua variabel independen (motivasi konsumen, persepsi, dan sikap konsumen) memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan berbelanja di pasar tradisional. Artinya menurut konsumen ketiga variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan belanja di pasar tradisional. Dan koefisien determinasi (adjusted R2 ) yang diperoleh adalah sebesar 0,740. Hal ini berarti 74% keputusan berbelanja dapat dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen, persepsi, dan sikap konsumen sedangkan sisanya yaitu 26% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara