Abstract :
ABSTRAK
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi
konsumen, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan berbelanja. Penelitian
ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang
menggambarkan obyek-obyek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang
bersifat umum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berada
di kelurahan pandanwangi. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang responden
yang diambil secara accidental sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan
menggunakan kuesioner.
Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = -9,84 + 0,443 X1 + 0,339 X2 +
0,377 X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen
adalah variabel motivasi konsumen (0,443), diikuti oleh variabel sikap konsumen
(0,377), dan yang terakhir adalah variabel persepsi (0,339). Hasil uji t membuktikan
semua variabel independen (motivasi konsumen, persepsi, dan sikap konsumen)
memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu keputusan berbelanja di
pasar tradisional. Artinya menurut konsumen ketiga variabel independen tersebut
dianggap penting ketika akan belanja di pasar tradisional. Dan koefisien determinasi
(adjusted R2 ) yang diperoleh adalah sebesar 0,740. Hal ini berarti 74% keputusan
berbelanja dapat dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen, persepsi, dan sikap
konsumen sedangkan sisanya yaitu 26% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.