Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara leverage,
pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada
perusahaan rokok yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah dokumentasi, sumber data berupa laporan keuangan lembaga keuangan
yang terdaftar di BEI periode 2016- 2018. Metode dalam pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling. Hasil uji asumsi klasik meliputi uji
normalitas, multikolinearitas, heterokedasitas dan auti korelasi menunjukkan data
penelitian berdistribusi normal, model regresi tidak di temukan adanya korelasi
antara variabel bebas, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi heterokedasitas
dan tidak terjadi autokorelasi. Hasil pengujian hipotesis meliputi uji regresi linear
berganda, Uji F dan uji t, di dapat hasil bahwa variabel independen baik secara
simultan maupun secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap variabel
dependen. Pengaruh variabel terbesar adalah variabel ukuran perusahaan dengan
nilai 17,740. Hasil ini didukung penelitian Ratnasari (2016 bahwa Leverage
berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, Purba dan Yadnya (2015) Ukuran
perusahaan mempengaruhi secara positif terhadap profitabilitas dan Leverage
mempengaruhi secara positif terhadap profitabilitas. Sari dan Abundanti (2014)
pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas berpengaruh signifkan.