Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Khrisma Eka Saputra, Aditya
Subject
Strategi Pemasaran
Datestamp
2021-05-06 02:16:11
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan inovasi produk
yang digunakan pada usaha Pos Ketan Legenda 1967 dalam meningkatkan kinerja
pemsaran di era ekonomi industri 4.0. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Pos Ketan Legenda di Jl.
Kartini No.6, Sisir, Batu dan di Jl. Soekarno-Hatta, Lowokwaru, Malang. Teknik
pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah
segmenting market, targeting market, positioning market dan strategi bauran
pemasaran (marketing mix). Untuk inovasi produknya adalah dengan menambah
beberapa varian rasa yang dahulunya hanya 3 varian rasa. Selain itu, dengan
menambah menu makanan lain atau camilan. Pos Ketan Legenda dalam
meningkatkan kinerja pemasarannya di era ekonomi industri 4.0 secara
keseluruhan cukup menurun dilihat dari omset per tahunnya. Dilihat pada tahun
terakhir 2018 dan 2019 terjadi penurunan yang diakibatkan banyaknya pesaing
dan tidak cepat menyikapi perubahan yang terjadi.