DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN CUSTOMER PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MALANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
YULIATI, LITA
Subject
Kepuasan Konsumen 
Datestamp
2020-12-30 02:20:51 
Abstract :
Kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangibles), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (emphaty) merupakan produk jasa yang diberikan kepada customer. Kualitas pelayanan merupakan salah satu aspek penting pada sebuah instansi yang memberikan jasa layanan untuk memenuhi kebutuhan customer sehingga dapat mencapai kepuasan customer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang memakai jasa pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Pengambilan sampel responden dilakukan secara acak berjumlah 100 responden. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah analisa regresi linier berganda, uji t, uji asumsi klasik, uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan customer. Hasil analisis membuktikan 48,2% Kepuasan Masyarakat yang menggunakan layanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil di Kota Malang mampu dijelaskan oleh variabel Bukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4) dan Perhatian (X5), dan sisanya sebesar 0,518 atau 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Customer. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara