Abstract :
Secara umum, penelitian ini menggunakan dua jenis variabel yaitu, variabel
dependen dan varaibel independen. Terdapat tiga variabel independen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu, corporate social responsibility, profitabilitas,
dan ukuran perusahaan. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu
agresivitas pajak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
orporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap
agresivitas pajak di perusahaan manufaktur sector konsumsi yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia pada tahun 2017-2018. Sektor konsumsi terdiri dari lima jenis yaitu:
makanan dan minuman, rokok, farmasi, kosmetik dan barang keperluan rumah
tangga, dan peralatan rumah tangga.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 43 perusahaan dimana 4 perusahaan tidak
mempubliskan laporan keuangan dan total perusahaan yang mengalami kerugian
sebanyak 10 perusahaan. Data laporan tahunan yang tidak berhasil ditemukan oleh
penelitian di website Bursa Efek Indonesia sebanyak 7 perusahaan. Sehingga
diperoleh total 22 perusahaan dan dikalikan selama periode yang diteliti yaitu 2,
dengan hasil 44 sampel penelitian. Proses penelitian sampel dilakukan dengan cara
mengeliminasi perusahan konsumsi yang tidak memenuhi kriteria. Pengukuran
orporate social responsibility menggunakan 6 kategori yaitu ekonomi, lingkungan,
ketenagakerjaan, kenyamanan bekerja, hak asasi manusia, masyarakat, dan tanggung
jawab atas produk menurut standart GRI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
orporate social responsibility, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh
positif terhadap agresivitas pajak,