Abstract :
Perkembangan teknologi saat ini semakin maju dan berkembang, selain
digunakan untuk berkomunikasi juga berguna untuk perkembangan bisnis online.
Bisnis online yang serba canggih saat ini sedang menjadi trend dimana menjadi
alternatif belanja yang diminati pada era 4.0 karena memang bisa dilakukan oleh
siapapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transaksi bisnis online yang
didasarkan pada pengalaman pelaku bisnisnya. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif pendekatan interpretif dengan fenomenologi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan
data melalui: Observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan partisipan
atau informan sebanyak lima orang pelaku bisnis, yang mana tiga berdomisili di
Purwosari, sedangkan dua lainnya berdomisili di Malang. Berdasarkan hasil
penelitian maka peneliti menemukan beberapa hal ini terkait dengan bisnis online
sebagai berikut: motif berwirausaha, semangat berwirausaha, pentingnya inovasi
dalam berwirausaha, serta membangun kepercayaan dan kejujuran dalam
berwirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat aspek tersebut
terkait pengalaman para pelaku bisnis merupakan suatu hal yang mempengaruhi
suksesnya berwirausaha.