Abstract :
Secara umum, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini dilakukan
terhadap perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)
selama periode 2016-2018 yang telah memenuhi syarat tertentu. Jumlah perusahaan yang
digunakan sebanyak 12 perusahaan. Faktor-faktor yang digunakan untuk menganalisis dalam
penelitian ini adalah ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif
signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil pengujian ukuran
dewan komisaris menunjukkan hasil positif signifikan, begitu pula dengan profitabilitas. Hasil
pengujian leverage menunjukkan bahwa leverage tidak memiliki pengaruh terhadap
pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil dari penelitian ini memberikan
kontribusi mengenai analisis faktor-faktor pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan
pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia (BEI).