DETAIL DOCUMENT
Analisa Keputusan Konsumen dalam Pembelian Impulsif di Situs Tokopedia pada Mahasiswa STIE Malangkuςeςwara Malang
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
EDDYANTO, OKSY ERSTE
Subject
Kepuasan Konsumen 
Datestamp
2021-01-06 04:24:17 
Abstract :
Kemajuan teknologi yang pesat tentunya diikuti dengan perkembangan bisnis yang pesat pula, dimana dahulu seseorang harus bertemu atau face to face untuk melakukan transaksi dan pada saat ini karena kemajuan tekonologi, dimana adanya internet yang memberikan fasilitas market place seperti Tokopedia, Bukalapak, shopee guna mempermudah transaksi yang dapat dilakukan dimana saja, dan di setiap waktu. Hal tersebut menyebabkan banyak munculnya pembisnis online dengan berbagai strategi yang digunakan agar bisa bertahan atau survive dan meraih banyak pelanggan, tentunya selain menggunakan strategi yang ampuh untuk bertahan, para pembisnis perlu memperhatikan faktor-faktor apa saja yang membuat konsumen mau melakukan transaksi, salah satunya adalah pembelian impulsif.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh 4P, consumen?s trust, serta website terhadap keputusan konsumen dalam pembelian impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIE Malangku?e?wara tahun angkatan 2015. Penarikan sampel menggunakan random sampling dan sampel dihitung menggunakan rumus slovin dengan hasil yang diperoleh sebanyak 195 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan tingkat signifikan sebesar 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan harga, tempat, promosi, kepercayaan konsumen, dan websiteberpengaruh positif terhadap pembelian impulsif. Serta tempat tidak berpengaruh signifkan terhadap pembelian impulsif.Simpulan dari penelitian ini adalah apabila harga, tempat, promosi, kepercayaan konsumen, dan websiteyang diterapkan meningkat, maka tingkat terjadinya pembelian impulsif juga akan meningkat. Tokopedia diharapkan agarmampu mengetahui hal apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan terhadap viipembelian impulsif, sehingga Tokopedia dapat lebih banyak diminati oleh banyak konsumen untuk diakses. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan tetap mempertimbangkan produk, harga, tempat, promosi, websitedan consumen?s trustsebagai faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif. Selain itu disarankan untuk dapat mengembangkan hasil dari penelitian ini dengan menambahkan variabel lain seperti emosi positif, pelayanan, hedonic, pleasure, cognitive danaffective. Bagi mahasiswa STIE Malangku?e?wara yang berminat untuk membuka toko di Tokopedia agar mampu mengetahui hal apa saja yang diperlukan untuk terjadinya pembelian impulsif guna meraih dan meningkatkan penjualan yang tinggi. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara