Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social
Responsibility (CSR), likuiditas, leverage, dan profitabilitas terhadap tingkat
agresivitas pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR), likuiditas, leverage, dan
profitabilitas. Variabel dependen yang digunakan adalah agresivitas pajak. Populasi
dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2019. Penentuan
sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling, dengan sampel sebanyak
23 perusahaan selama 3 tahun periode pengamatan secara berturut-turut sehingga
total sampel yang dipakai sebanyak 69. Analisis data dilakukan dengan uji statistic
deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa
CSR. Leverage, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas
pajak. Hanya variabel likuiditas yang memiliki pengaruh negatif dan signifikan
terhadap agresivitas pajak perusahaan.