Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Sainang, Winona Chrisma Adinda Fristy
Subject
Entrepreneurship / Peluang UMKM
Datestamp
2021-06-25 02:57:41
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem pengelolaan usaha pada usaha
kecil yang meliputi aspek keuangan, aspek produksi, aspek pemasaran dan aspek
pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
paradigma interpretif dan metode etnometodologi. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara
dilakukan dengan informan yang berada pada situs penelitian dengan menggunakan
teknik snowball samping. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem pengelolaan
keuangan pada usaha ini dilakukan dengan membuat pencatatan kas keluar dan kas
masuk secara manual. Selanjutnya adalah produksi, bahan baku yang digunakan
merupakan bahan baku berkualitas dari pemasok terpercaya untuk menjaga kualitas
produk. Kemudian, pemasaran dilakukan dengan memanfaat media sosial dan
testimonial dari mulut ke mulut. Terakhir adalah sumber daya manusia, dalam usaha
ini pemilik tidak memiliki kriteria khusus untuk merekrut karyawan dan selain
diberikan gaji pokok pegawai juga diberikan tunjangan. Disamping itu, peneliti
menemukan bahwa terdapat nilai-nilai pada lingkungan usaha tersebut yang didasari
oleh kebudayaan lokal sehingga usaha ini mampu mempertahankan keberadaannya
sampai saat ini. Sementara itu, terdapat juga kendala yang ditemukan seperti kondisi
infrastuktur jalan yang menghambat pemasaran.