DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI BONUS DAN LEVERAGE TERHADAP TINDAKAN MANAJEMEN LABA DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Consumer Goods Industry Yang Terdaftar Di BEI Periode 2016-2018)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Azmi, Ulul
Subject
Financial Leverage 
Datestamp
2021-07-01 04:14:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bonus dan leverage terhadap manajemen laba dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Variabel dependen penelitian ini adalah manajemen laba, yang diukur menggunakan discreationary accruals. Variabel independen penelitian ini terdiri dari bonus yang diukur menggunakan variabel dummy dan leverage yang diukur dengan Debt to Asset Ratio (DAR), sedangkan variabel moderasi yaitu profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Populasi penelitian ini adalah 54 perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh berdasarkan beberapa kriteria adalah 21 perusahaan. Periode penelitian adalah tahun 2016-2018, sehingga jumlah data penelitian adalah 63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bonus dan leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap manajemen laba, secara simultan juga berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Profitabilitas sebagai variabel moderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan bonus terhadap manajemen laba maupun hubungan leverage terhadap manajemen laba. Hal ini berarti bahwa bonus dan leverage menjadi dorongan untuk melakukan manajemen laba, namun besarnya profitabilitas tidak dapat mempengaruhi hubungan positif bonus dan leverage terhadap manajemen laba. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara