Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bonus dan leverage
terhadap manajemen laba dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi.
Variabel dependen penelitian ini adalah manajemen laba, yang diukur
menggunakan discreationary accruals. Variabel independen penelitian ini terdiri
dari bonus yang diukur menggunakan variabel dummy dan leverage yang diukur
dengan Debt to Asset Ratio (DAR), sedangkan variabel moderasi yaitu
profitabilitas diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Populasi penelitian
ini adalah 54 perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling.
Sampel yang diperoleh berdasarkan beberapa kriteria adalah 21 perusahaan.
Periode penelitian adalah tahun 2016-2018, sehingga jumlah data penelitian
adalah 63. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Moderated
Regression Analysis (MRA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bonus dan leverage secara
parsial berpengaruh positif terhadap manajemen laba, secara simultan juga
berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Profitabilitas sebagai variabel
moderasi tidak dapat mempengaruhi hubungan bonus terhadap manajemen laba
maupun hubungan leverage terhadap manajemen laba. Hal ini berarti bahwa
bonus dan leverage menjadi dorongan untuk melakukan manajemen laba, namun
besarnya profitabilitas tidak dapat mempengaruhi hubungan positif bonus dan
leverage terhadap manajemen laba.