Abstract :
Pengaruh Strategi Social Media Green Marketing Terhadap Minat Beli
Melalui Brand Image Pada Produk Informa Malang
Penelitian ini adalah dilatarbelakangi oleh konsep green marketing sudah
diperkenalkan oleh Bell dan Emeri, serta Feldman sejak tahun 1971. Perusahaan
bisa dikatakan green jika dalam semua dimensi aktivitas perusahaannya
memasukkan pertimbangan lingkungan. Namun kenyataannya masih ada
perusahaan yang ?talking green? dibandingkan ?being green?. Perusahaan masih
menggunakan green marketing sebagai ?topeng? untuk mendapatkan keuntungan
sebesar-besarnya bukan sebagai strategi yang sesungguhnya. Hal tersebut menuntut
konsumen untuk lebih mengedukasi dirinya sendiri tentang hal-hal yang berkaitan
dengan produk green yang akan dibeli. Tujuan dari penelitian ini adalah 1)
Mengetahui sejauhmana pengaruh strategi social media green marketing terhadap
brand image Produk Informa, 2) Mengetahui sejauhmana pengaruh strategi social
media green marketing terhadap minat beli Produk Informa, 3) Mengetahui
sejauhmana pengaruh brand image terhadap minat beli Produk Informa Mengetahui
sejauhmana pengaruh strategi social media green marketing terhadap minat beli
melalui brand image pada Produk Informa
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan
kuantitatif, karena penelitian ini disajikan dengan angka-angka. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan Informayang
tidak diketahui jumlahnya dengan pasti, dan sampelnya adalah sebagian dari jumlah
populasi yang memiliki karakteristik yang sama. Teknik Pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian iniactidental sampling atau sampling kebetulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Green marketing memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen Informa. Brand
Image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli atau memiliki
pengaruh namun tidak signifikan terhadap minat beli konsumen Informa. Brand
Image memediasi pengaruh Green Marketing terhadap Minat beli di Informa. Jadi,
Perusahaan Informa Malang berusaha untuk memperhatikan Green Marketing
konsumen melalui peningkatan kualitas armada dengan tetap selektif saat
menyeleksi calon mitranya agar konsumen dapat merasakan kualitas pelayanan
yang baik. Hendaknya konsumen mampu memberikan penilaian secara bijak atas
fasilitas yang diberikan selama pelayanan dalam penggunaaan produk Informa,
mengingat penilaian konsumen baik positif dan negatif juga mempunyai kontribusi
terhadap perusahaan.
ABSTRACT
The Influence of Green Marketing Social Media Strategy on Buying Interest
Through Brand Image on Informa Products in Malang
This research is based on the background of the green marketing concept
that was introduced by Bell and Emeri, and Feldman since 1971. The company can
be said to be green if in all dimensions of the company's activities include
environmental considerations. But in reality there are still companies that are
"talking green" rather than "being green". The company still uses green marketing
as a "mask" to get maximum profit not as a real strategy. This requires consumers
to better educate themselves about matters relating to green products to be
purchased. The aims of this research are 1) to find out the extent of the influence of
green marketing social media strategies on Informa brand image products, 2)
knowing how far the influence of green marketing social media strategies on buying
interest in Informa Products, 3) knowing how far the brand image influences buying
interest. the extent of the influence of green marketing social media strategies on
buying interest through the brand image on Informa Products.
The method used in this research is a quantitative approach, because this
research is presented with numbers. The population used in this study is consumers
who use information unknown for the exact number, and the sample is a portion of
the population that has the same characteristics. The sampling technique used in
this study is accidental sampling or accidental sampling.
From this study it can be concluded that Green marketing has a positive
and significant influence on the buying interest of Informa consumers. Brand Image
does not significantly influence buying interest or has a significant but not
significant influence on buying interest in Informa consumers. Brand Image
mediates the influence of Green Marketing on buying interest in Informa. So,
Malang Informa Companies are trying to pay attention to consumers' Green
Marketing through improving the quality of their fleets by staying selective when
selecting prospective partners so that consumers can feel good quality service.
Consumers should be able to give a wise assessment of the facilities provided
during the service in the use of Informa products, considering that consumer ratings
both positive and negative also contribute to the company