DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN GCG TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR (Studi Empiris Pada Perusahaan Pembentuk Indeks SRI Kehati Tahun 2017-2019)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
TADJUDDIN, THARIQ FATHIR
Subject
Corporate Goverance, Profitabilitas 
Datestamp
2021-07-12 01:56:27 
Abstract :
Secara umum, penelitian ini bertujuan mengetahui Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan GCG Terhadap Pengungkapan CSR. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Ukuran Perusahaan dan GCG terhadap Pengungkapan CSR. Penelitian dilakukan terhadap 19 perusahaan manufaktur selama 3 tahun (2017-2019) dan jumlah pengamatan sebanyak 57 kasus. Pengukuran variabel Pengungkapan CSR menggunakan metode CSRI, dalam metode ini jika perusahaan terdapat komponen Pengungkapan CSR maka diberikan nilai 1 sedangkan jika tidak maka diberikan nilai 0, sedangkan untuk pengukuran variabel Ukuran Perusahaan dan GCG menggunakan penilaian yang sudah dibukukan oleh perusahaan melalui Annual Report (AR) . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap Pengungkapan CSR, dalam hal ini menunjukkan perusahaan yang Ukuran Perusahaannya bertumbuh bertahap maka tingkat Pengungkapan CSR akan meningkat. Sedangkan untuk hasil penelitian dari pengaruh GCG terhadap Pengungkapan CSR perusahaan mendapatkan hasil Yang Berbeda dari tiap Variabel Idependen dari hasil ini maka jika pengaruh GCG yang baik akan di ikuti dengan kenaikan dari Pengungkapan CSR perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Ukuran Perusahaan dan GCG yang baik akan menimbulkan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap perusahaan dan tentunya akan berdampak signifikan terhadap Pengungkapan CSR. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara