Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
TADJUDDIN, THARIQ FATHIR
Subject
Corporate Goverance, Profitabilitas
Datestamp
2021-07-12 01:56:27
Abstract :
Secara umum, penelitian ini bertujuan mengetahui Analisis Pengaruh
Ukuran Perusahaan dan GCG Terhadap Pengungkapan CSR. Secara spesifik,
penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Ukuran Perusahaan dan GCG terhadap
Pengungkapan CSR. Penelitian dilakukan terhadap 19 perusahaan manufaktur
selama 3 tahun (2017-2019) dan jumlah pengamatan sebanyak 57 kasus.
Pengukuran variabel Pengungkapan CSR menggunakan metode CSRI, dalam
metode ini jika perusahaan terdapat komponen Pengungkapan CSR maka diberikan
nilai 1 sedangkan jika tidak maka diberikan nilai 0, sedangkan untuk pengukuran
variabel Ukuran Perusahaan dan GCG menggunakan penilaian yang sudah
dibukukan oleh perusahaan melalui Annual Report (AR) . Metode analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh
signifikan positif terhadap Pengungkapan CSR, dalam hal ini menunjukkan
perusahaan yang Ukuran Perusahaannya bertumbuh bertahap maka tingkat
Pengungkapan CSR akan meningkat. Sedangkan untuk hasil penelitian dari
pengaruh GCG terhadap Pengungkapan CSR perusahaan mendapatkan hasil Yang
Berbeda dari tiap Variabel Idependen dari hasil ini maka jika pengaruh GCG yang
baik akan di ikuti dengan kenaikan dari Pengungkapan CSR perusahaan. Dapat
disimpulkan bahwa penerapan Ukuran Perusahaan dan GCG yang baik akan
menimbulkan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap perusahaan
dan tentunya akan berdampak signifikan terhadap Pengungkapan CSR.