Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
JOURNALISTHA MALI MAU, PRICILLA
Subject
Balance Scorecard
Datestamp
2021-07-12 02:34:08
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengukuran kinerja PT. Bank
Mayapada International Tbk, menggunakan empat perspektif dalam metode
Balanced Scorecard serta membuat strategy map. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dengan mengunakan pengukuran balanced
scorecard meliputi perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan
pertumbuhan dan pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah data
sekunder berasal dari laporan tahunan PT. Bank Mayapada International, Tbk
periode 2017-2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran balanced scorecard yang dilihat
dari perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal pada PT. Bank
Mayapada International, Tbk periode 2019-2018 mengalami penurunan
dibandingkan periode 2018-2017, Sedangkan pengukuran balanced scorecard
yang dilihat dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada PT. Bank
Mayapada International, Tbk periode 2019-2018 mengalami peningkatan
dibandingkan periode 2018-2017. Selain itu, strategy map menunjukkan usulan
balanced scorecard yang dihasilkan dalam penelitian ini secara keseluruhan dari
sasaran strategis. Sasaran strategis perspektif keuangan menunjukkan bahwa bank xiii
perlu meningkatkan penilaian tingkat kesehatan bank berdasarkan standar Otoritas
Jasa Keuangan (OJK) dan menerapkan efisiensi biaya operasional. Perspektif
pelanggan, bank perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan pemasaran
produk/jasa. Proses bisnis internal, bank perlu meningkatkan layanan digital
banking dan ATM sedangkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, bank
perlu melakukan pengembangan penilaian kinerja karyawan serta pengembangan
kompetensi dan skill Karyawan.