Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja di
Puskesmas Arjuno Kota Malang apabila di ukur dengan metode Balanced
Scorecard menggunakan 4 (empat) perspektif yaitu perspektif keuangan, pespektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuatitatif.
Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan observasi.
Cara untuk menganalisis data yaitu dengan mengunakan metode balanced sc
orecard dengan 4 perspektif yaitu perspektif keuangan dengan indikator rasio
ekonomis, perspektif pelanggan dengan indikator Indeks Kepuasan masyarakat
(IKM), Perspektif Proses bisnis internal menggunakan kuesioner dengan indikator
sarana dan prasarana, proses, kualitas, dan peralatan, perspektif pertumbuhan dan
pembelajaran dengan menggunakan indikator retensi karyawan, poduktifitas
karyawan, employee training, dan juga menggunakan kuesioner kepuasan
karyawan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Arjuno Kota
Malang pada tahun 2018-2019 tidak mengalami kenaikan atau penurunan dan bisa
dikatakan stabil pada kinerjanya yaitu dengan skala Balanced Scorecard 3,9 yang
artinya kinerja keseluruhan Puskesmas Arjuno dari tahun 2018-2019 menunjukkan
kriteria baik, namun untuk Perspektif Pertumbuhan dan pembelajaran agar lebih
ditingkatkan. Puskesmas Arjuno Kota Malang diharapkan mendata karyawan yang
belum pernah mendapatkan pelatihan agar nantinya karyawan yang belum pernah
mendapatkan pelatihan bisa mengituti pelatihan supaya menambah pengetahuan
yang nantinya berguna bagi instansi terkait.