Abstract :
Berbagai usaha yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan produk yang
unggul dalam kegiatan pemasaran, perusahaan membutuhkan suatu strategi untuk
mempengaruhi pasar dengan cara mencari peluang usaha baik terutama dalam
bentuk produk. Dengan demikian hal ini memungkinkan perusahaan untuk
menghasilkan produk dengan kualitas yang lebih baik dari sebelumnya dan lebih
baik dari produk saingannya, agar dapat menarik konsumen pada umumnya,
khususnya pemakai produk tersebut dan tentunya dapat memenuhi minat beli
konsumen sebagai pemakai atau konsumen yang menggunakan produk tersebut..
Oleh karena itu country of origin merupakan isyarat penting untuk mempengaruhi
presepsi konsumen terhadap suatu merek.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan kondisi variabel citra
merek, kualitas produk, harga sepatu merek Nike (2) untuk mengetahui apakah
variabel citra merek, kualitas produk dan harga berpengaruh positif signifgikan
terhadap emotional response dan minat beli sepatu merek Nike.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan
explanatory. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 68 responden dengan kriteria
pengguna sepatu merek Nike di STIE Malangkucecwara Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk dan
harga berpengaruh secara positif signifikan terhadap emotional response dan minat
beli pada pengguna sepatu merek Nike. Perusahaan diharapkan mampu
meningkatkan produk melalui kualitas produk dengan jelas. Citra merek, kualitas
produk, dan harga yang tepat pada suatu produk akan mempengaruhi emotional
response dan minat beli konsumen. Citra merek, kualitas produk dan harga yang
tepat kemudian akan mendorong konsumen untuk meningkatkan perasaan sesorang
dengan baik sehingga dapat mempengaruhi minat beli konsumen.