Abstract :
Keputusan pembelian konsumen tidak terlepas dari faktor-faktor yang
mempengaruhi dan memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian. Dari
faktor-faktor inilah konsumen akan melakukan penilaian terhadap berbagai
alternatif pilihan dan memilih satu atau lebih alternatif yang diperlukan berdasarkan
pertimbangan tertentu. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
adalah atribut produk dan kualitas pelayanan. Apabila suatu produk memiliki
atribut dan kualitas pelayanan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembelinya,
maka produk tersebut akan dianggap cocok oleh konsumen.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan dan atribut
produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di restoran Nasi Kulit Syuurga,
dan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan atribut produk secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian di restoran Nasi Kulit Syuurga, serta
untuk menganalisis diantara variabel kualitas pelayanan dan atribut produk yang
berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di restoran Nasi Kulit
Syuurga.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen
yang membeli produk makanan dan minuman di restoran Nasi Kulit Syuurga.
Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 70 responden dengan
menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik analisis
data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel atribut produk berpengaruh
positif signifikan terhadap keputusan pembelian di restoran Nasi Kulit Syuurga.
Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian di restoran Nasi Kulit Syuurga. Variabel atribut produk dan kualitas
pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
di restoran Nasi Kulit Syuurga. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa variabel
kualitas pelayanan berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian di restoran
Nasi Kulit Syuurga.