Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi karena keputusan untuk memilih suatu
produk selalu muncul dan diawali oleh adanya rasa ingin tahu akan suatu produk
baik berupa barang atau jasa. Kebutuhan lain yang bersifat tersembunyiakan
muncul apabila didorong oleh faktor eksternal dalam melakukan suatu keputusan
dalam memilih produk. Dengan kata lain keputusan memilih suatu produk baik
barang maupun jasa disebabkan karena pengaruh faktor internal dan eksternal.
Penelitian ini bertujuan untukmenjelaskan hubungan antara faktor internal dan
eksternal dan keputusan konsumen melalui pengujian hipotesis.Penelitian ini
dilakukan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang. Jumlah sampel
yang diambil sebanyak 100 orang yang diperoleh menggunakan rumus Malhotra.
Variabel bebas terdiri dari sikap dan kebudayaansedangkan variabel terkait yaitu
keputusan nasabah. Teknik analisis yang digunakan yaitu (1) Uji Validitas dan
Reliabilitasdari item item kuesioner, dan (2) Uji Regresi Linear Berganda.
Kemudian model regresi tersebut dilakukan pengujian hipotesis, yakni secara
simultan (uji F), secara parsial (uji t) dan variabel dominan.Hasil penelitian
menunjukan bahwa factor internal mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan
nasabah dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,251 dengan sig 0,014, Factor
eksternal terhadap keputusan nasabah dengan koefiensi 0,535 dan tingkat
signifikansi 0,000 (Sig ? 0,05).