Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Kebijakan
Dividen dan IOS Terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh perusahaan kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI) dan perusahaan yang sudah go public pada tahun 2010-2019.
Penelitian ini bersifat kasualitas yang menggunakan data sekunder dengan metode
purposive sampling , diperoleh 5 perusahaan. Metode yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif, uji regresi liniear berganda dan uji asumsi klasik. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, variabel profitabilitas (ROA dan
ROE) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel
profitabilitas (NPM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan,
variabel kebijakan dividen (DPR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan, variabel (IOS) MBVE berpengaruh negatif dan tidak signifikan
terhadap nilai perusahaan. Secara simultan variabel profitabilitas
(ROA,ROE,NPM) kebijakan dividen(DPR) dan IOS (MBVE) berpengaruh
signifikan simultan terhadap nilai perusahaan.