Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di
UD.Affalia Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bisnis dalam
menjaga stabilitas perusahaan di era pandemi covid-19. Strategi bisnis meliputi
strategi pemasaran, strategi produksi, strategi sumber daya manusia, dan strategi
keuangan. Informan dari penelitian ini adalah pemilik usaha dan salah satu karyawan
UD.Affalia Jaya. Pengumpulan data didapatkan dari hasil wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian yang diperoleh, dapat diketahui
bahwa strategi bisnis dalam pemasaran adalah UD.Affalia Jaya menyediakan
berbagai makanan oleh-oleh khas Malang. Strategi di bidang produksi adalah dengan
memperhatikan kualitas produksi dan pengendalian persediaan. Strategi di bidang
sumber daya manusia adalah mempekerjakan 21 karyawan yang dibentuk menjadi
dua tim untuk bekerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Dalam
pengelolaan keuangan UD.Affalia Jaya masih sederhana, yaitu pencatatan untuk
semua transaksi pengeluaran dan pemasukan perusahaan.