Abstract :
Nilai Perusahaan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan
perusahaan yang dikaitkan dengan harga saham dan profitabilitas. Tujuan
penelitian ini yaitu : 1) Untuk menganalisis, menjelaskan, dan mengetahui apakah
profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan 2) Untuk
menganalisis, menjelaskan, dan mengetahui apakah Likuiditas berpenhgaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan 3) Untuk menganalisis, menjelaskan, dan
mengetahui apakah Leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan 4)
Untuk menganalisis, menjelaskan, dan mengetahui apakah Corporate Social
Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi melemahkan atau memperkuat
pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Jenis
penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan analisis dana kuantitatif.
Metode pengumpulan data dokumentasi diperoleh dari Indonesian Capital Market
Directory (ICMD), website Bursa Efek Indonesia (BEI) www.idx.co.id. Teknik
analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) untuk
mengetahui hubungan profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai
perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel
pemoderasi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Terdapat pengaruh
yang signifikan antara likuiditas terhadap nilai perusahaan. Hasil analisis dapat
diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan negatif antara leverage terhadap
nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi
dan memperkuat pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan laverage terhadap nilai
perusahaan.