PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SERVANT LEADERSHIP
DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP
KINERJA PADA STUDI KASUS KANTOR KECAMATAN KEJAYAN DI
KABUPATEN PASURUAN Total View This Week0
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan
kepemimpinan pelayan terhadap kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja. Penelitian ini
dilakukan di Kantor Kecamatan Kejayan di Kabupaten Pasuruan, responden yang digunakan
sebanyak 42 karyawan. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil yang
didapat dari penelitian ini Kecerdasan Emosional memliki pengaruh positif terhadap
Kepuasan Kerja. Kepemimpinan Pelayanan (Servant Leadership) memiliki pengaruh positif
terhadap Kepuasan Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja. Kepuasan kerja
yang mampu memediasi hubungan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja.
Sedangkan kepuasan kerja belum mampu memediasi hubungan pengaruh kepemimpinan yang
melayani terhadap kinerja.