Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
TRESNI TIMOR SAFITRI, WENDA
Subject
Perencanaan Strategi
Datestamp
2021-07-15 04:42:02
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Business Model Canvas
(BMC) sebagai model bisnis untuk pengembangan usaha pada UMKM Duo Jago
Malang. Untuk dapat bertahan dalam pesaingan usaha yang ketat, perusaahaan
memerlukan suatu model bisnis yang kuat dan tepat. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara kepada informan dan dokumentasi maupun
observasi. Business model canvas memiliki Sembilan elemen yaitu customer
segments, value proposition, channels, customer relationship, revenue streams, key
resources, key activities, key partnership, dan cost structure. Hasil penelitian ini
berupa gambaran dari Sembilan elemen pada business model canvas saat ini yang
terjadi pada perusahaan dan pengembangan model bisnis yang berupa Sembilan
elemen business model canvas baru yang tepat.