DETAIL DOCUMENT
MAKNA PENJUALAN KONSINYASI BAGI PENINGKATKAN LABA CONSIGNEE (Studi pada beberapa toko oleh-oleh di Sanan sentra industri tempe & keripik tempe)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Kaltsum, Luthfiana
Subject
Penjualan Konsinyasi 
Datestamp
2021-07-16 03:32:23 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengungkap proses penjualan konsinyasi terhadap peningkatan laba consignee. Objek dari penelitian ini adalah toko oleh-oleh dan lokasi penelitian berada di Sanan kelurahan Purwantoro kecamatan Blimbing Malang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didasarkan pada paradigma fenomenologi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi kepada beberapa informan yaitu pemilik toko oleh-oleh yang terdapat di Sanan. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah teknik interpretative phenomenological analysis. Hasil dari penelitian ini adalah toko oleh-oleh di Sanan yang berskala menengah sudah memisahkan laba penjualan konsinyasi secara tersendiri, sehingga dapat mengetahui pendapatan penjualan bersih secara pasti yang didapat perbulannya. Penjualan konsinyasi terbentuk dari aktivitas penjualan yang terus berkembang. Yang bertujuan untuk memperlengkap dan penunjang produk penjualan di toko oleh-oleh. Penjualan konsinyasi telah sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak seperti penentuan harga, jumlah komisi yang diberikan, dan waktu retur penjualan. Hasil wawancara dengan beberapa informan dapat ditarik kesimpulan bahwa penjualan konsinyasi berpengaruh dalam peningkatan laba pihak consignee. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara