Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengungkap proses penjualan
konsinyasi terhadap peningkatan laba consignee. Objek dari penelitian ini adalah
toko oleh-oleh dan lokasi penelitian berada di Sanan kelurahan Purwantoro
kecamatan Blimbing Malang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif yang didasarkan pada paradigma fenomenologi.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah wawancara secara
mendalam, observasi dan dokumentasi kepada beberapa informan yaitu pemilik
toko oleh-oleh yang terdapat di Sanan. Teknik yang digunakan dalam
menganalisis data pada penelitian ini adalah teknik interpretative
phenomenological analysis. Hasil dari penelitian ini adalah toko oleh-oleh di
Sanan yang berskala menengah sudah memisahkan laba penjualan konsinyasi
secara tersendiri, sehingga dapat mengetahui pendapatan penjualan bersih secara
pasti yang didapat perbulannya. Penjualan konsinyasi terbentuk dari aktivitas
penjualan yang terus berkembang. Yang bertujuan untuk memperlengkap dan
penunjang produk penjualan di toko oleh-oleh. Penjualan konsinyasi telah sesuai
dengan kesepakatan kedua belah pihak seperti penentuan harga, jumlah komisi
yang diberikan, dan waktu retur penjualan. Hasil wawancara dengan beberapa
informan dapat ditarik kesimpulan bahwa penjualan konsinyasi berpengaruh
dalam peningkatan laba pihak consignee.