Abstract :
Activity Based Management menekankan pada pengendalian aktivitas yaitu melalui analisis
aktivitas yang digunakan untuk mengetahui aktivitas-aktivitas apa saja yang memberikan
kontribusi bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis
peranan strategic activity based management dalam meningkatkan profitabilitas pelanggan pada
PT Indolakto Purwosari. Jenis penelit ian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode
analitis. Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini adalah analisis
deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa peranan strategic activity based management dapat meningkatkan
profitabilitas pelanggan pada PT Indolakto Purwosari. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya
overhead pabrik sebelum aplikasi strategic activity based management yaitu sebesar Rp.
700.391.880 dan biaya overhead pabrik setelah aplikasi strategic activity based management maka
diperoleh hasil sebesar Rp. 564.052.831 sehingga dapat diketahui bahwa biaya tidak bernilai
tambah sebesar Rp. 136.339.049. Berdasarkan hasil perhitungan maka nilai efisiensi biaya
diperoleh sebesar 19,47% dan hal tersebut menunjukkan kenaikan nilai profitabilitas pelanggan
pada PT Indolakto Purwosari.