Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
WIDITAMA, MUCHAMMAD RIFQI
Subject
Strategi Pemasaran
Datestamp
2021-10-27 03:06:51
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang menjadi
kekutan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dan mencari tahu strategi
apa yang cocok untuk diterapkan dalam menghadapi pesaing dengan
menggunakan Analisis SWOT. Dalam penelitian ini penulis menggunakan
metode analisis kuantitatif studi kasus untuk membuat gambaran tentang
penyusunan strategi pemasaran rumah sakit lawang medika berdasarkan Analisis
SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) dan sumber data yang digunakan
adalah data sekunder yang berupa sejarah berdirinya perusahaan, falsafah, visi dan
misi, struktur organisasi perusahaan, produk dan layanan. Dari hasil penelitian ini
diperoleh bahwa kekuatan RS Lawang Medika adalah lokasi yang strategis,
fasilitas yang cukup memadai, rekan atau mitra yang semakin berkembang, sudah
bekerjasama dengan BPJS kesehatan, dan keunggulan pelayanan obstetryginekologi
dan
bedah.
Sedangkan
kelemahan
RS
Lawang
Medika
adalah
jumlah
ruangan
rawat inap yang terbatas, belum adanya fasilitas antar jemput pasien,
minimnya anggaran untuk promosi, fasilitas yang belum memadai untuk trauma
center, minimnya tenaga sdm di bagian pemasaran, dan alur penerimaan pasien
yang terlalu lama. Peluang RS Lawang Medika adalah menjadi RS trauma center
untuk kejadian di ruas tol, infrastruktur memadai berada di jalan raya provinsi,
kepesertaan bpjs kesehatan meningkat, sebagai RS rujukan pilihan mitra.
Ancaman RS Lawang Medika dalam pengembangan strategi pemasarannya
adalah menjadi RS trauma center untuk kejadian di ruas tol, infrastruktur
memadai berada di jalan raya provinsi, kepesertaan BPJS kesehatan meningkat,
sebagai RS rujukan pilihan mitra. Berdasarkan hasil penelitian tersebut RS
Lawang Medika perlu untuk tetap menjaga mutu pelayanan, meningkatkan
kegiatan promosinya, tidak hanya melalui direct marketing tetapi juga melalui
indirect marketing, dan menambah jumlah tenaga SDM di bagian pemasaran,
memaksimalkan potensi rumah sakit dan memperluas pangsa pasar.