Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage
dan ukuran perusahaan terhadap Islamic Social Reporting pada Bank Umum
Syariah yang ada di indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuagan (OJK).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas yang bertujuan untuk
menguji suatu variabel terhadap variabel lainnya. Sumber penelitian ini berasal
dari data sekunder yang diperoleh dari masing ? masing Bank Umum Syariah di
Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2016-2018 dan
sebanyak 11 Bank Umum Syariah yang sesuai dalam kriteria yang penulis
tentukan. Jadi total sampel adalah 33 sampel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji
menggunakan IBM SPSS Statistics 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Profitabilitas tidak berpengaruh
terhadap islamic social reporting 2) Leverage berpengaruh terhadap islamic social
reporting 3) Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap islamic social reporting.