Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan
pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) terhadap variabel Keputusan Pembelian
(Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Citra Merek (X2)
tehadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan
pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) dan Citra Merek (X2) terhadap
variabel Keputusan Pembelian (Y).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan
(explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Gaya Hidup (X1), Citra Merek (X2),
dan Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data diperoleh dari
penyebaran kuisioner secara online pada masyarakat yang berada di Kota
Malang yang menggunakan smartphone vivo. Sampel yang digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji f untuk
mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan antara variabel yang
diteliti.
Berdasarkan hasil penelitian ini dketahui bahwa dua variabel bebas
Gaya Hidup (X1) dan Citra Merek (X2) mempunyai kontribusi terhadap
variabel terikat Keputusan Pembelian (Y) dengan perhitungan koefisien
determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,566 artinya bahwa 56,6%
variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya,
yaitu Gaya Hidup (X1) dan Citra Merek (X2). Variabel Gaya Hidup (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian
(Y) dengan t hitung = 3,218. Variabel Citra Merek (X2) berpengaruh
signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung =
4,442. Menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X2) berpengaruh
dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).