Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
viral di media sosial dan selebgram endorsement terhadap keputusan
pembelian produk kecantikan Raecca Lippie Serum pada masyarakat
banyuwangi yang menggunakan produk kecantikan raecca lippie serum.
Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah masyarakat Banyuwangi
pengguna media sosial dan konsumen yang tetap menjaga loyalitas terhadap
pembelian produk kecantikan Raecca Lippie Serum. Metode pengambilan
sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan uji F,
uji T, dan Koefisien Determinasi (R
).
Hasil uji T menunjukan bahwa pengaruh viral di media sosial (X1) terhadap
keputusan pembelian adalah signifikan dan pengaruh selebgram endorsement
(X2) terhadap keputusan pembelian adalah signifikan. Sedangkan hasil uji
koefisien determinasi didapatkan nilai R
2
sebesar 0,526. Hal ini berarti 52,6%
variasi variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel viral di
media sosial (X1) dan selebgram endorsement (X2) sedangkan sisanya sebesar
47,4% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
2