Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
SIN’INA INDAYANI, SHIRELY
Subject
Loyalitas Konsumen
Datestamp
2021-12-13 05:09:08
Abstract :
Salon Mobil Tunas Abadi merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang perawatan mobil.
Yang menyediakan perawatan eksterior, interior, dan mesin mobil yang mencakup pencucian
mobil plus wax, poles interior, poles eksterior, poles mesin, dan paket poles dari mesin eksterior,
dan interior. Usaha ini didirikan oleh Bapak Ribut sejak tahun 2014 yang berada di Jl. Raya
Jajag, Dsn Lidah, Yosomulyo, Kec. Gambiran, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur. Maka dari itu,
Perusahaan harus dengan teliti dalam menjaga, mengadakan dan mempertahankan lokasi,
kualitas pelayanan dan relationship marketing serta suatu produk memiliki hubungan yang erat
dalam pembentukan loyalitas pelanggan. Karena, banyak sekali pelanggan yang merasa puas
dan kembali lagi untuk melakukan perawatan salon mobil.
Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan pengolahan data menggunakan uji validitas,
reliabilitas dan analisis regresi linier berganda. Penyebaran kuesioner disebarkan kepada 120
responden yang merupakan pengunjung serta pelanggan yang melakukan perawatan mobilnya di
Salon Mobil Tunas Abadi. Pengolahan data penelitian ini menggunakan SPSS versi 20.0 for
windows. Hasilnya didapat bahwa ada pengaruh secara signifikan, secara simultan dan secara
parsial dari variable bebas yaitu Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Relationship Marketing
terhadap variable terikat yaitu Loyalitas Pelanggan pada Salon Mobil Tunas Abadi di Gambiran
Banyuwangi.