DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN (Studi pada Perusahaan Kecap Keong Mas, Tuban)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
EKO SUGIHARTO, STEFANUS
Subject
Perencanaan Strategi 
Datestamp
2021-01-11 02:20:06 
Abstract :
viii ABSTRAK Sistem Penggajian merupakan satu sistem yang dirancang untuk mempermudah dalam proses penggajian karyawan. Sistem penggajian adalah prosedur perhitungan dan pembayaran gaji karyawan secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur penggajian dalam upaya peningkatan pengendalian intern pada perusahaan kecap Keong Mas Tuban serta menganalisis sistem penggajian yang sedang berjalan yang kemungkinan belum efektif dalam penerapannya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana peneliti mencermati sistem informasi penggajian karyawan yang sedang berjalan untuk diperoleh gambaran dan permasalahannya. Analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah sistem tersebut sudah berjalan dengan efektif dan sesuai dengan pengendalian intern sistem akuntansi penggajian. Dari hasil penelitian didapati bahwa formulir dan praktik yang diterapkan di perusahaan Kecap Keong Mas sudah baik akan tetapi masih memiliki kekurangan dimana masih adanya perangkapan fungsi jabatan. Hal ini dapat dikatakan tidak efektif karena seharusnya dalam prosedur penggajian karyawan tidak diperbolehkan adanya perangkapan fungsi jabatan. Sistem dan prosedur pada sistem penggajian ini juga belum efektif karena pada prosedur pencatatan waktu masih menggunakan prosedur pencatatan waktu manual yang mana data tersebut dapat dimanipulasi oleh karyawan. Dari hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar menambah karyawan guna meminimalisir perangkapan fungsi jabatan dan membuat daftar karyawan dengan cara komputerisasi agar meminimalisir kecurangan yang terjadi. Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian, Pengendalian Intern ix ABSTRAC Payroll system is a system designed to simplify the employee payroll process. Payroll system is a procedure for calculating and paying employee salaries effectively and efficiently. The purpose of this study is to find out how the payroll system and procedures are in an effort to improve internal control in the Perusahaan Kecap Keong Mas Tuban and analyze the current payroll system which may not be effective in its implementation. In this study using a type of descriptive qualitative research, where researchers examine the employee payroll information system that is running to obtain an overview and the problem. The analysis is used to determine whether the system has been running effectively and in accordance with the internal control of the payroll accounting system. From the results of the study it was found that the forms and practices applied in the Perusahaan Kecap Keong Mas were good but still had deficiencies where there were still multiple functions. This can be said to be ineffective because the employee payroll procedure is not allowed to have a dual function. The system and procedures for this payroll system are also not effective because the time recording procedure still uses manual time recording procedures where the data can be manipulated by employees. From the results of these studies the researchers suggested that employees be added to minimize the doubling of function and make a list of employees in a computerized way to minimize fraud. Keyword : Accounting Information System, Payroll, Internal Control 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara