Abstract :
viii
ABSTRAK
Sistem Penggajian merupakan satu sistem yang dirancang untuk
mempermudah dalam proses penggajian karyawan. Sistem penggajian adalah
prosedur perhitungan dan pembayaran gaji karyawan secara efektif dan efisien.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem dan
prosedur penggajian dalam upaya peningkatan pengendalian intern pada
perusahaan kecap Keong Mas Tuban serta menganalisis sistem penggajian yang
sedang berjalan yang kemungkinan belum efektif dalam penerapannya.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif,
dimana peneliti mencermati sistem informasi penggajian karyawan yang sedang
berjalan untuk diperoleh gambaran dan permasalahannya. Analisis yang
digunakan untuk mengetahui apakah sistem tersebut sudah berjalan dengan
efektif dan sesuai dengan pengendalian intern sistem akuntansi penggajian. Dari
hasil penelitian didapati bahwa formulir dan praktik yang diterapkan di
perusahaan Kecap Keong Mas sudah baik akan tetapi masih memiliki kekurangan
dimana masih adanya perangkapan fungsi jabatan. Hal ini dapat dikatakan tidak
efektif karena seharusnya dalam prosedur penggajian karyawan tidak
diperbolehkan adanya perangkapan fungsi jabatan. Sistem dan prosedur pada
sistem penggajian ini juga belum efektif karena pada prosedur pencatatan waktu
masih menggunakan prosedur pencatatan waktu manual yang mana data tersebut
dapat dimanipulasi oleh karyawan. Dari hasil penelitian tersebut peneliti
menyarankan agar menambah karyawan guna meminimalisir perangkapan fungsi
jabatan dan membuat daftar karyawan dengan cara komputerisasi agar
meminimalisir kecurangan yang terjadi.
Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian, Pengendalian Intern
ix
ABSTRAC
Payroll system is a system designed to simplify the employee payroll process.
Payroll system is a procedure for calculating and paying employee salaries
effectively and efficiently.
The purpose of this study is to find out how the payroll system and procedures are
in an effort to improve internal control in the Perusahaan Kecap Keong Mas Tuban
and analyze the current payroll system which may not be effective in its
implementation.
In this study using a type of descriptive qualitative research, where researchers
examine the employee payroll information system that is running to obtain an
overview and the problem. The analysis is used to determine whether the system
has been running effectively and in accordance with the internal control of the
payroll accounting system. From the results of the study it was found that the forms
and practices applied in the Perusahaan Kecap Keong Mas were good but still had
deficiencies where there were still multiple functions. This can be said to be
ineffective because the employee payroll procedure is not allowed to have a dual
function. The system and procedures for this payroll system are also not effective
because the time recording procedure still uses manual time recording procedures
where the data can be manipulated by employees. From the results of these studies
the researchers suggested that employees be added to minimize the doubling of
function and make a list of employees in a computerized way to minimize fraud.
Keyword : Accounting Information System, Payroll, Internal Control