Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Fernando, Laurensius Adrian G
Subject
Loyalitas Pelayanan
Datestamp
2021-12-14 02:40:44
Abstract :
Perkembangan teknologi informasi maupun internet di Indonesia mengalami
peningkatan beberapa tahun akhir ini. Bahkan pembayaran sekarang tidak hanya
melalui tunai melainkan dengan non tunai. Pembayaran non tunai disebut juga
dompet digital (e-wallet) juga berkembang pesat di Indonesia. Gopay merupakan
salah satu dompet digital yang paling banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan pengguna, dan
persepsi keamanan terhadap loyalitas pengguna Gopay. Sampel penelitian ini
adalah 100 responden yaitu mahasiswa aktif tahun 2017-2020 STIE
Malangkucecwara. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data dengan survei
menyebar kuisioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif,
menguji instrumen penelitian dengan uji reabilitas dan uji validitas, dan uji asumsi
klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas.
Analisis regresi linier berganda, Uji F, dan Uji t. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan pengguna, dan persepsi
keamanan berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas pengguna Gopay.