Abstract :
Koperasi merupakan suatu lembaga sebagai gerakan ekonomi rakyat yang membantu
masyarakat untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat agar kesejahteraannya
menjadi meningkat. Koperasi Simpan Pinjam adalah salah satu bentuk koperasi yang
keberadaannya dirasa cukup perlu dan membantu dalam mengatasi persoalan keuangan baik
anggota maupun non anggota. Agar koperasi tetap mampu bersaing dengan lembaga keuangan
lain yang mengeluarkan produk sejenis, maka manajemen koperasi harus mampu mengolah
perusahaannya dengan baik, supaya konsumen atau ada yang ada tidak beralih kepada lembaga
keuangan lain. Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan
pengembangan usaha koperasi simpan pinjam naraya, Penelitian ini dilakukan dengan metode
penelitian kualitatif menggunakan analisis SWOT
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran dan pengembangan usaha KSP
Naraya sudah cukup bagus hal ini karena tersedianya pegawai-pegawai yang memiliki SDM
berkualitas dan tidak lupa peran pimpinan koperasi simpan pinjam naraya yang selalu memberikan
arahan tentang pemasaran koperasi setiap hari kepada pegawainya. Hal tersebut dapat dilihat juga
dari hasil penelitian menggunakan analisis SWOT di KSP naraya yang memiliki faktor internal
khususnya faktor posisi kekuatan, di KSP naraya nilai faktor tersebut sangat mendominasi
sehingga hal tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya.