PENGARUH RELATIOSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN
LOYALITAS KONSUMEN
(studi kasus terhadap pengguna provider telkomsel) Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
SIMARANGKIR, SISKA BERTUA
Subject
Kepuasan Konsumen
Datestamp
2021-12-22 03:17:27
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing
terhadap kepuasan dan loyalitas pada konsumen PT. Telkomsel Branch Malang..
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Jumlah responden sebanyak 100 orang.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis
data yang digunakan ada dua yaitu analisis regresi sederhana untuk mengetahui
pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan dan analisis regresi berganda
untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas dan untuk
mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa relationship marketing berpengaruh terhadap
kepuasan. Juga ditemukan relationship marketing dan kepuasan berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen.