Abstract :
Teknologi telah mengarahkan bisnis untuk mencari metode alternatif
untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.. Di era yang serba teknologi
seperti saat ini digital marketing adalah pilihan strategi yang sangat tepat untuk
melancarkan promosi dan dapat membantu menjangkau target pasar secara luas,
dengan menghemat biaya, waku, tempat dan tenanga. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh Digital marketing terhadap Customer
retention dengan Customer engagement sebagai Intervening pada online shop
Thehanstuff. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif non kasus
dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 100 reponden dengan
berbagai pertimbangan karakteristik, pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan kuisoner melalui Google form yang disebarkan dengan metode
skor, pemberian skor menggunakan skala likert positif 5 poin dan pengolahan
data dibantu dengan SPSS 16.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Digital marketing
berpengaruh siginfikan terhadap Customer retention. Digital marketing
berpengaruh signifikan terhadap Customer engagement. Customer engagement
Berpengaruh signifikan terhadap Customer retention. Digital marketing
Berpengaruh dignifikan terhadap Customer retention Melalui Customer
engagement. Kesimpulan daru penelitian ini adalah strategi digital marketing
yang positif akan meningkatkan keterlibatan anatara pelaku usaha dengan
customer sehingga mampu menarik pelanggan untuk membeli kembali secara
terus menerus terhadap produk yang kita tawarkan dengan kata lain mampu
menciptakan loyalias pelanggan terhadap produk yang kita hasilkan.