Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih spesifik
mengenai pengaruh faktor harga, faktor kepercayaan, faktor reputasi, dan kualitas
barang terhadap keputusan pembelian dalam membeli handphone pada shopee.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan Metode survei yang dilakukan
fokus pada pengumpulan data responden, menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics
22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor harga memiliki pengaruh yang
cukup kuat dikarenakan masyarakat di wilayah kota malang sangatlah konsumtif dalam
pembelian teknologi atau mengikuti perkembangan jaman. Faktor kepercayaan dalam
penelitian ini dapat dilihat dari bahwa produknya akan dikirimkan lebih aman,
pembelian dengan waktu yang cepat, kualitas yang ditawarkan sangat menarik,
produsen menjamin kepuasan pelanggan, terdapat pembelian ulang pada toko tersebut.
Faktor reputasi E-commerce dalam penelitian ini mengunakan aplikasi shopee yakni
transaksi shopee sangat mudah, aplikasi shopee lebih terpecaya, kenyaman dalam
mengunakan aplikasi shopee, garansi produk, dan banyak tokoh online yang terpecaya
yang terdapat di shopee. Faktor kualitas produk adalah faktor yang sangat
mempengaruhi pembeli untuk melanjutkan pembelian atau tidak sehingga di butuhkan
informasi yang jelas dan tanggapan dari produsen untuk menyakinkan konsumen.