DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2017-2019)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
OKTAVIANI, SARAH
Subject
Corporate Sosial Responsibility 
Datestamp
2022-04-06 02:25:19 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Terdapat dua variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tanggung jawab sosial perusahaan (X1) dan profitabilitas (X2). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak (Y). Variabel pemoderasi dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan (X3). Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 144 perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2019. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 66 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak 2) profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak 3) ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak 4) ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh antara tanggung jawab social perusahaan terhadap agresivitas pajak 5) ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap agresivitas pajak. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara