Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan dan
profitabilitas terhadap agresivitas pajak, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Terdapat
dua variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tanggung jawab sosial perusahaan (X1) dan
profitabilitas (X2). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak (Y). Variabel pemoderasi
dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan (X3). Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 144
perusahaan manufaktur di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama
periode 2017-2019. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak
66 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa 1) tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak 2)
profitabilitas tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak 3) ukuran perusahaan berpengaruh negatif
terhadap agresivitas pajak 4) ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh antara tanggung
jawab social perusahaan terhadap agresivitas pajak 5) ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh
profitabilitas terhadap agresivitas pajak.