Abstract :
Social Media Marketing merupakan strategi yang dipilih oleh Lazada dari tahun
2015 hingga sekarang untuk memperkuat Brand Equity serta meningkatkan
Transaksi dalam berbelanja online mereka di Lazada.Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap keputusan
pembelian onlineKeputusan pembelian online pengaruh Social Media Marketing
terhadap Keputusan pembelian online melalui Brand Equity dan pengaruh Brand
Personality terhadap Keputusan pembelian online melalui Brand Equity. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua pengguna media sosial yang mengikuti media
sosial Lazada dan pernah membeli barang di Lazada dengan jumlah sampel yaitu
sebanyak 177 responden dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur
path. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara social media marketing terhadap keputusan pembelian online.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara brand personality terhadap keputusan
pembelian online, Brand equity terbukti sebagai variabel intervening dalam
hubungan antara social media marketing dengan keputusan pembelian online dan
brand equity sebagai variabel intervening dalam hubungan antarabrand
personality dengan keputusan pembelian online.