Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jaringan usaha dan
pengembangan produk terhadap pertumbuhan usaha kerajinan tenun di Desa
Weulun Kabupaten Malaka dengan peran e-commerce sebagai variabel
intervening. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner dan
observasi. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling,
sedang analisis datanya menggunakan Program SPSS 26. Dalam penelitian ini
dilakukan uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas yang
hasilnya menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan valid dan reliabel. Uji
normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas menunjukkan data
berdistribusi normal, antar variabel independen tidak terjadi masalah
multikolinearitas, dan tidak ditemukan masalah heteroskedastisitas. Hasil yang
ditemukan ialah jaringan usaha berpengaruh positif serta signifikan terhadap
pertumbuhan usaha, pengembangan produk tidak berpengaruh positif serta
signifikan terhadap pertumbuhan kerajinan usaha, Jaringan usaha tidak
berpengaruh positif serta signifikan terhadap e- commerce dan pengembangan
produk tidak berpengaruh positif serta signifikan terhadap ecommerce.