Abstract :
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek system
elektronik (online) perpajakan dengan implementasi penerapan sistem e-filling
dan pelayanan perpajakan. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan sistem elektronik perpajakan
(online) dan pelayanan perpajakan berpengaruh pada penerimaan pajak. Penelitian
dilakukan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Raba Bima yang beralamat di Jl.
Soekarno Hatta No. 17 Rabangodu Utara, Raba-Bima, NTB. Jenis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) efektivitas penerapan sistem
elektronik (online) perpajakan pada KPP Pratama Raba Bima dilihat dari beberapa
segi diantarannya yaitu kemudahan penggunaan teknologi, efisiensi waktu dan
admininstrasi, kesiapan sistem, keamanan dan kenyamanan, dan pelayanan yang
diberikan oleh petugas. (2) Penerapan sistem elektronik (online) pajak tetap
berpengaruh dalam pengoptimalan penerimaan pada KPP Pratama Raba Bima
namun tidak terlalu. Penerapan sistem elektronik (online) pajak memiliki peran
sebagai media untuk mempermudah penyedia layanan pajak untuk lebih cepat
menentukan strategi-strategi guna memaksimalkan penerimaan pajak.