Abstract :
vii
ABSTRAK
Konservatisme dianggap sebagai salah satu media yang dapat mengurangi
agency cost karena bisa mengurangi asimetri informasi dan fungsi yang kurang
tepat dalam perjanjian kontrak. Peningkatan permintaan rate of return saham
oleh pemegang saham dan selain itu asimetri informasi dapat menghasilkan
agency cost yang tinggi yang bisa mengurangi arus kas di masa yang akan datang.
Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkatan konservatisme dalam pelaporan
keuangan suatu perusahaan adalah komitmen manajemen dan pihak internal
perusahaan untuk memberikan informasi yang transparan, akurat, dan sesuai
dengan kondisi yang ada.
Tujuannya adalah menguji, mendeskripsikan, dan menganalisis pengaruh
Profitabilitas terhadap Konservatisme Akuntansi pada perusahaan manufaktur
makananan dan minuman periode 2015-2017, pengaruh Leverage terhadap
Konservatisme Akuntansi, pengaruh Profitabilitas melalui Mekanisme Good
Corporate Governance terhadap Konservatisme Akuntansi dan pengaruh
Leverage melalui Mekanisme Good Corporate Governance terhadap
Konservatisme Akuntansi. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain penelitian kasualitas. Obyek penelitian adalah
perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama
tiga tahun dari 2015-2017 dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan.
Hasilnya menunjukan bahwa Profitabilitas mempengaruhi konservatisme
akuntansi dengan arah negative, Leverage mempengaruhi konservatisme
akuntansi dengan arah negative, Mekanisme GCG tidak mempengaruhi
profitabilitas terhadap konservatisme akuntansi, dan Mekanisme GCG tidak
mempengaruhi leverage terhadap konservatisme akuntansi.
Kata Kunci: Konservatisme akuntansi, Profitabilitas, Leverage, Good Corporate
Governance, Kepemilikan Manajerial, Dewan Komisaris Independen
viii
ABSTRACT
Conservatism is considered as one of the media that can reduce agency cost
because it can reduce information asymmetry and functions that are not
appropriate in the contract agreement. the increase in demand for stock rate return
by shareholders and in addition information asymmetry can produce a high
agency cost that can reduce cash flows in the future. One of the factors that
influence the level of conservatism in financial reporting of a company is the
commitment of management and internal parties to provide transparent, accurate,
and in accordance with existing conditions.
The aim is to test, describe, and analyze the effect of profitability on
accounting conservatism in food and beverage manufacturing companies in the
2015-2017 period, the effect of leverage on accounting conservatism, the effect of
profitability through the mechanism of good corporate governance on accounting
conservatism and the influence of leverage through the mechanism of good
corporate governance Accounting. The research method uses a quantitative
approach to the design of quality research. The research object is a food and
beverage company listed on the Indonesia Stock Exchange for three years from
2015-2017 with a total sample of 15 companies. The results show that
profitability affects accounting conservatism in a negative direction, Leverage
affects accounting conservatism in a negative direction, GCG mechanism does not
affect profitability against accounting conservatism, and the GCG Mechanism
does not affect leverage against accounting conservatism.
Keywords: Accounting conservatism, Profitability, Leverage, Good Corporate
Governance, Managerial Ownership, Independent Board of Commissioners