Abstract :
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh produk, harga,
lokasi, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan variabel
intervening studi di Carnival Resto & Café Palangkaraya. Populasi di penelitian ini
merupakan semua pengunjung yang datang ke Carnival Resto & Café
Palangkaraya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 orang pelanggan yeng
pernah berkunjung serta membeli di Carnival Resto & Café Palangkaraya dengan
frekuensi pembelian lebih 2 kali. Teknik pengambilan sampel yaitu memakai
purposive sampling.
Pada Uji F menunjukkan kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan. hasil uji-t
(parsial), variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, variabel harga berpengaruh positif signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, variabel lokasi berpengaruh positif serta signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan serta kepusan berpengaruh signifikan terhadap loyalitasa
pelanggan.
Sesuai nilai Adjusted R-square bisa diketahui variabel kualitas produk,
harga, lokasi serta promosi berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan sebanyak 0,917 atau 91,7% sedangkan sisanya
sebanyak 8,tiga% dipengaruhi oleh factor lain diluar variabel yang diteliti sang
peneliti.