Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan, dalam
penelitian ini terdapat beberapa faktor yang digunakan antara lain leverage dan ukuran serta
manajemen laba sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan perusahaan industri
barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Adapun jenis
penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif kausal data sekunder dengan Populasi yang
dijadikan objek pengamatan berjumlah 65 perusahaan. Metode pengambilan sempel
menggunakan metode purposive sampling dengan memperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan
dengan jumlah observasi 99 sampel yang sesuai dengan kriteria sampel yang ditentukan. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik,MRA (Moderated Regression
Analysis) dan uji Hipotesis menggunakan uji T, Uji F dan koefisien determinasi. Pengolahaan
data dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Manajemen laba memperlemah hubungan antara leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai
perusahaan.