Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh idealisme, relativisme,
gendeer dan tingkat pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku
tidak etis akuntan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuisioner.
Sampel yang digunakan dalam peneliti ini mahasiswa akuntansi angkatan 2015.
Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling sehingga
diperoleh sebanyak 80 rsponden mahasiswa akuntansi di STIE Malangkucecwara.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Outer Model, Uji
Validitas, Uji Reliabilitas, Inner Model dan Uji Hipotesis.Setelah dilakukan
pengujian hipotesis maka diperoleh hasil bahwa idealisme dan tingkat
pengetahuan etika tidak mempunyai pengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas
perilaku tidak etis akuntan. Sedangkan untuk relativisme dan gender berpengaruh
terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Hasil pengujian
relativisme pada tabel menunjukkan bahwa relativisme memiliki t-hitung yang
lebih besar dari t-tabel sebesar 18.086 > 1.992 dengan tingkat signifikansi
dibawah 0.05. Karena semakin tinggi relativisme maka persepsi mahasiswa atas
perilaku tidak etis akuntan juga semakin tinggi. Hasil pengujian gender
menunjukkan hasil terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis memiliki
t-hitung besar dari t-tabel sebesar 2.289 > 1.992. Dengan tingkat signifikan
dibawah 0.05.
Kata Kunci :Orientasi Etis, Gender, Tingkat Pengetahuan Etika, Persepsi
Mahasiswa atas Perilaku Tidak Etis Akuntan.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of idealism, relativism, gender and the
level of ethical knowledge on student perceptions of accountants' unethical
behavior. This study uses a survey method with questionnaires. The sample used
in this researcher is the 2015 accounting student. Sampling uses simple random
sampling method so that 80 rsponden of accounting students are obtained at STIE
Malangkucecwara. The data analysis technique in this study uses Outer Model,
Validity Test, Reliability Test, Inner Model and Hypothesis Test. After testing the
hypothesis, the results show that idealism and the level of ethical knowledge have
no influence on student perceptions of accountants' unethical behavior. Whereas
for relativism and gender influence on students 'perceptions of accountants'
unethical behavior. The results of relativism testing in the table show that
relativism has a t-count that is greater than t-table of 18,086> 1,992 with a
significance level below 0.05. Because of the higher relativism, the students
'perceptions of accountants' unethical behavior are also getting higher. Gender
testing results show the results of student perceptions of unethical behavior have a
large t-count of t-tables of 2,289> 1992. With a significant level below 0.05.
Keywords: Ethical Orientation, Gender, Level of Ethical Knowledge, Student
Perception of Accountants' Unethical Behavior.