Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
KINASIH, TENESYA ENGGAL SEKAR
Subject
Keputusan Pembelian
Datestamp
2024-02-21 06:04:12
Abstract :
Fenomena semakin ketatnya persaingan antar lembaga keuangan dalam
memasarkan produk yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah
satunya adalah produk Tabungan Emas oleh PT. Pegadaian (Persero) Cabang
Singosari yang cukup diminati masyarakat. Akan tetapi,permasalahan yang
dihadapi adalah bagaiamana agar penjualan produk dapat terus
meningkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran
pemasaran(Produk,Promosi,Tenpat/Lokasi,Harga) terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk tabungan emas melalui pegadaian digital. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Populasi
yamg digunakan pada penelitian ini adalah nasabah PT Pegadaian Cabang
Singosari. Sedangkan jumlah sampel 58 responden dengan menggunakan metode
simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah : Uji
Validitas,Uji Realibilitas,Uji Asumsi Klasik,Uji Analisis Regresi Linier
Berganda,Pengujian Hipotesis (Uji T).Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti
menemukan beberapa hal terkait dengan keputusan nasabah sebagai berikut :
variabel produk tidak berpengaruh secara parsial,variabel promosi berpengaruh
secara parsial,variabel tempat tidak berpengaruh secara parsial,variabel harga
berpengaruh secara parsial. Hal ini menunjukkan bahwa 77% diberikan pada
variabel Produk,Promosi,Tempat,Harga secara Bersama-sama terhadap keputusan
nasabah,sedangkan sisanya sebesar 23% dipengaruhi variabel lain di luar
penelitian ini.